Rien18's Blog

Just another WordPress.com weblog

Upaya Penanggulangan Masalah Rokok dan Penyalahgunaan Narkoba Di Lingkungan Sekolah Februari 28, 2011

Filed under: education — rien18 @ 10:37

Remaja yang masih sekolah sangat rentan terhadap hal-hal negative di lingkungan sekolah bahkan di luar lingkungan sekolah. Remaja bisa saja terjerumus atau tergoda oleh teman-temannya untuk mencoba atau melakukan hal yang belum seharusnya dilakukan, contohnya merokok. Selain bahaya rokok, bahaya lain yang biasanya dikaitkan kepada remaja adalah masalah narkoba.

Merokok dan narkoba merupakan hal yang tidak asing didengar oleh semua kalangan termasuk remaja. Merokok sangat tidak baik bagi anak sekolah bahkan untuk dewasa pun akan mengalami efek yang diakibatkan oleh rokok. Contohnya gas yang dihasilkannya adalah gas CO,CO2, dan NH3 yang bersifat racun bagi tubuh apabila terhirup lama-lama oleh perokok aktif maupun pasif. Selain itu, asapnya termasuk asap menyamping yang dapat menyebar ke seluruh ruangan. Walaupun rokoknya telah padam asapnya akan tetap berada di ruangan itu selama berjam-jam.

Merokok di lingkungan sekolah, bukanlah merupakan contoh yang baik bagi semua warga sekolah karena dapat mengganggu aktivitas di sekolah. Guru yang suka merokok sebaiknya tidak memberi contoh yang tidak baik bagi anak didiknya karena murid pasti akan meniru apa yang dilakukan oleh gurunya.

Penyalahgunaan rokok di sekolah harus segera ditanggulangi agar dampak yang ditimbulkan tidak banyak. Selain itu, untuk mencegah generasi penerus bangsa agar tidak terjerumus untuk menggunakan rokok yang bersifat ketergantungan bagi pemakainya. Maka ada baiknya pihak sekolah melakukan upaya-upaya untuk menanggulanginya, antara lain :

  • Menyediakan area merokok bagi para perokok, seperti para guru atau pendatang/tamu dari luar sekolah.
  • Tidak memperjualbelikan rokok di sekolah.
  • Menciptakan area bebas merokok di lingkungan sekolah.
  • Memberi peringatan/sanksi bagi para siswa yang membawa/menjual rokok ke lingkungan sekolah.
  • Membuat aturan tentang rokok.
  • Mengadakan seminar tentang bahaya rokok, serta penanggulangannya.

Penetapan kawasan tanpa rokok perlu diselenggarakan di temapt-tempat umum termasuk lingkungan sekolah. Tujuan dari kawasan tanpa merokok adalah untuk menurunkan angaka kesakitan dan kematian rokok; mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, aman dan nyaman; melindungi generasi muda dari penyalahgunaan narkoba.

Penanggulangan masalah rokok bukan saja menjadi tanggung jawab sector kesehatan, melainkan tanggung jawab semua masyarakat, termasuk di lingkungan sekolah. Dikatakan bahwa banyak perokok yang usianya sebelum 19 tahun sehingga upaya masalah rokok sangat pentinng dilakukan di lingkungan sekolah.

Banyak cara penanggulangan untuk menanggulangi bahaya rokok di lingkungan sekolah agar siswa tidak mau untuk menggunakan atau mencobanya. Namun, semua itu dapat terlaksana dengan adanya bantuan dari semua warga sekolah untuk menjauhi atau menggunakannya karena mempunyai dampak yang tidak baik bagi  tubuh si pemakai, salah satunya adalah dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Selain Rokok, bahaya lain yang mengincar para remaja adalah Narkoba. Narkoba adalah obat yang mempunyai dampak negative bagi tubuh apapbila digunakan bukan dalam standar pengobatan yang menyebabkan ketergantungan. Menanggulangi narkoba ini, harus adanya kepedulian dari pihak sekolah maupun dari orang tua, agar anak sekolah bisa menjauhi dan tidak mau mencoba obat seperti ini. Narkoba juga mempunyai sifat ketergantungan bagi penggunanya/pemakainya.

Agar narkoba tidak mempengaruhi anak sekolah maka dibutuhkan sekali bimbingan dan pengawasan oleh orang tua maupun pihak sekolah. Selain itu, seminar tentang narkoba perlu diadakan agar anak-anak di lingkungan sekolah tidak mau mencobanya. Tapi hanya sekedar menambah ilmu pengethauan saja. Orang tua juga perlu memberikan saran kepada anak-anaknya agar tidak menerima barang yang berbentuk seperti narkoba dan tidak terpengaruh oleh ajakan teman-temannya untuk mencobanya.

Selain merusak jaringan saraf, narkoba juga dapat membuat pemakainya berbuat kriminal. Adapun gambaran perilaku siswa yang memakai narkoba diantaranya : sering bolos; sering tidur di kelas; lupa membawa buku, penampilan dan kerapihan berpakaina kacau; ada perubahan pola tidur, mata merah dan hidung berair.   Penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan dampak kerugian terhadap kondisi kesahatan jasmani seorang psikis pemakainya.

Kurangnya control dari sekolah serta komunikasi yang kurang antara guru, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa juga dapat dijadikan sebagai factor penyebab siswa terjerumus ke dalam narkoba.

Masalah penanggulangan narkoba memerlukan upaya penangggulangan dengan melibatkan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa. Meskipun dalam kedokteran , obat-obatan tersebut masih bermanfaat bagi pengobatan, namun bila disalahgunakan atau digunakan tidak menurut standar pengoban akan berakibat sangat merugikan bagi individu, maupun masyarakat khususnya generasi muda.

Maraknya penyalahgunaan narkoba ini tidak mengenal status maupun kekayaan karena narkoba dapat dibeli oleh berbagai kalangan. Apabila orang yang tidak mampu memakai narkoba, pasti orang tersebut akan melakukan  berbagai cara untuk membelinya, baik denagn cara baik maupun buruk.

Penggunaan narkoba ini biasanya berawal dari kebiasaan merokok. Anak-anak yang merokok bisa saja mencoba-coba untuk mencoba ke narkoba. Maka untuk mengurangi kebiasaan jelek tersebut, pengawasan dari orang tua sangat diperlukan, apalagi anak-anak tersebut masih sekolah.

Selain itu, dibutuhkan juga adanya seminar bagi anak sekolah tentang narkoba ini karena sangat bermanfaat. Sehingga anak-anak tidak mau mencobanya. Sehingga merusak tubuh anak bangsa juga akan merusak moral bangsa. Anak bangsa yang akan menjadi generasi penerus bangsa harus dijaga dan diawasi setiap perkembangannya agar tidak terjerumus atau terpengaruh oleh orang lain ke dalam hal negatif.

Tak hanya itu, ada faktor lain yang dapat membantu menanggulangi pengalahgunaan narkoba maupun rokok agar anak sekolah itu tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif, yakni dengan memperkuat keimanan anak-anak sekolah itu, baik dengan menambah jam mata pelajaran agama maupun ceramah agama tentang bahaya rokok maupun narkoba.

Selain itu, bimbingan keagamaan di rumah sangat penting yang bisa saja diajarkan oleh orang tuanya. Sehingga keimanan yangtumbuh dalam seorang anak itu dapat membantu anak-anak sekolah itu untuk menjauhi narkoba maupun rokok karena dalam dirinya terdapat iman yang kuat.

Di zaman modern ini, orang-orang mudah terpengaruh oleh-oleh hal-hal yang negatif denga adanya pencampuran budaya yang datang dari dunia barat yang banyak mengimbas anak-anak sekolah dari segi gaya hidup.

Narkoba maupun rokok juga dapat dijadikan gaya hidup bagi anak-anak yang tak mengenal pendidikan karena mereka tidak tahu efek atau akibat dari penggunaan narkoba maupun rokok tersebut. Sehingga di lingkungan sekolah banyak dilakukan seminar maupun upaya lain tentang narkoba maupun rokok agar mereka menjauhi dan tidak mau mencobanya.

Bila narkoba maupun rokok telah mempengaruhi anak-anak sekolah, maka generasi penerus bangsa ini akan menjadikan negaranya sendiri menjadi kacau denga perilaku-perilaku yang tidak baik. Sehingga sekolah melakukan upaya dini utnuk menjauhkan anak bangsa dari hal yang tidak baik.

Selain itu, penerus bangsa dapat meneruskan perjuangan bangsanya serta menjauhkan dari hal-hal tentang narkoba maupun rokok agar Negara ini menjadi Negara yang maju dengan pemimpin yang anti narkoba maupun rokok, serta rakyatnya yang juga anti rokok maupun narkoba.

Kita sebagai anak sekolah pasti mengetahui dampak narkoba maupun rokok maka jauhilah rokok dan narkoba. Bila ada teman-teman kita yang tidak sengaja terjerumus ke dalam narkoba maupun rokok, ada baiknya apabila kita membantunya utnuk sembuh dari ketergantungan itu, malah bukan menjauhinya. Mereka yang terkena haruslah dibantu agar mereka kembali ke jalan yang benar.

Rokok dan narkoba juga mempunyai keuntungan yang tinggi bagi penjualnya karena orang-orang yang sudah ketergantungan narkoba atau rokok berusaha untuk membelinya walaupun harganya mahal. Maka banyak sekali dampak negative dari rokok maupun narkoba, sehingga perlu adanya pemberitahuan atau penjelasan dari pihak sekolah tentang bahaya rokok maupun narkoba.

Sehingga penting sekali pengawasan serta perhatian dari pihak sekolah bagi anak didiknya untuk mencegah anak didiknya dari bahaya rokok maupun narkoba yang dapat merusak pemikiran dan tingkah laku mereka. Ini harus dilakukan sejak dini agar mereka sudah mengetahui dari awal tentang bahaya rokok dan narkoba itu.

Tak hanya itu, pengawasan dari orang tua juga sangat diperlukan untuk anak-anak mereka agar mereka bisa mencegah anak-anak mereka dari narkoba atau rokok mapun hal-hal yang

Lingkungan yang baik bagi mereka juga akan membantu menjauhkan mereka dari hal-hal negative seperti itu. Selain lingkungan, teman bermain pun juga harus diperhatikan karena itu juga akan mempengaruhi terhadap tingkah laku mereka.

Apabila teman bermain mereka baik, maka anak tersebut bisa menjadi baik karena adanya pengaruh dari teman-teman mereka yang baik. Dan sebaliknya, apabila teman mereka tidak baik maka akan berpengaruh juga terhadap anak itu. Bisa saja anak itu terjeremus ke dalam hal-hal yang negatif. Ini akan membahayakan anak itu.

Teman bermain itu tidak hanya di sekolah namun di lingkungan bermain juga, seperti di lingkungan rumah mereka. Sehingga upaya penanggulangan ini sangat diperlukan sejak dini agar anak-anak bangsa yang menjadi generasi penerus yang baik serta dapat menjauhkan diri mereka dari hal-hal yang neagtif.

Dari segi kesehatan pun perlu dijelaskan kepada anak-anak sekolah yang akan membantu mereka agar mau menjauhkan diri mereka sendiri dari narkoba maupun rokok yang mempunyai dampak negatif bagi tubuh, salah satu penyakit bagi perokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan salah satu penyakit bagi pemakai narkoba dapat menyebabkan denyut jantung cepat sehingga dapat menyebabkan kematian apabila mengalami overdosis.

Kesehatan ini bisa dilakukan dengan memeriksa kesehatan para siswa dengan mendatangkan pihak kesehatan dari dinas kesehatan sekitar daerah tersebut. Sehingga kita dapat mengetahui mana anak yang pernah memakai narkoba dan tidak memakainya.

Selain itu, seminar kesehatan tentang dampak dari rokok maupun narkoba juga dapat dilakukan agar mereka mau menjaga kesehatan mereka dari hal seperti itu.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.